Jumat, 29 Agustus 2008

TAI PAN RESTAURANT ( HALAL )

















































Hari Jumat 29 Agustus 2008 acara makan siang saya jatuh ke TAIPAN Restauran yg terletak di jalan putri hijau (Capital Building ).
Ternyata Taipan restauran adalah Restauran yang telah mempunyai tempat dibeberapa negara,terbukti di Spore pun ada Restauran Taipan.jadi telah mempunyai standar kualitas.
Adapun menu menu nya semua adalah menu makanan HALAL ,Hari itu adapun menu yg saya coba adalah :
Pertama tama disajikan adalah Chineese Tea yang saya rasa agak kental tapi cukup bagus aroma nya


























Makanan pembuka bagi saya adalah jenis kue kuean yaitu:
- egg tart .makanan ini sangat enak bila disajikan dalam keadaan panas.bukan dingin.dan yang kuning ditengah adalah campuran dari kuning telur ayam.









































2. Pembuka ke 2 adalah Onde onde goreng.


Onde onde khas taipan ini berbeda dengan onde2 kebanyakan.ciri khas nya adalah selain disajikan dalam keadaan panas juga sangat lembut dan kulitnya terasa tipis dengan dihiasi biji biji wijen sehingga keharuman dan kelezatannya terasa lebih lengkap










































Adapun isi dari onde goreng (gbr atas) adalah kacang merah yang digiling halus dicampur dengan sedikit gula merah (mungkin)sehingga terasa lebih manis dan harum
Setelah makanan pembuka dilewati (sudah pemanasan neh hehehe ....) tibalah kita pada menu pokok alias makanan utama yg terdiri dari:
1. Nasi goreng Yang Chou ;Asal nama Nasi goreng ini karena berasal dari propinsi Yang Zhou di china, sehingga ciri ciri masakannya menjadi khas masakan masyarakat propinsi Yang Zhou di China;jadi istilahnya kalo ditempat saya di Medan disebut Nasi goreng Medan :)

















Rasa dari nasi goreng ini cukup enak,kalo saya pribadi pas di lidah,saya sudah memesan agar ditambahi cabai yg agak pedas (dimasak agak pedas) karena saya memang pecinta masakan pedas tapi ternyata setelah dihidangkan menurut saya masih "tidak terasa apa apa "



































kalau isinya hampir mirip dengan nasi goreng sea food cuman penambahan yg nyata adalah udang dan daging ayam tanpa kulit,dan aromanya juga harum sekali. Apalagi di tambah dengan sambal khas dari taipan yg didalamnya ada campuran udang kering (ebi) yang sangat harum dan terasa agak asin khas udang kering asin :)
























2.Menu selanjutnya yang dipilih adalah menu "Angsio perut ikan dengan Tahu dan daging Kepiting"

































Menu ini merupakan campuran sayur dengan tahu Jepang ,perut ikan (hu phio hmmm I like it ) dan daging kepiting asli yang diurai halus halus dengan kuah campuran tepung kanji (agak kental dan lengket) tapi rasanya cukup nikmat.
3.Makanan salah satu yg merupakan khas Taipan adalah Tahu khas Taipan dengan jamur dan sayuran yang diatasnya diberi sejenis rumput laut .Ini merupakan makanan favorit istri saya sehingga belum sempat di foto aslinya dah abis masuk keperutnya (hihiihii.... )
























4.Makanan selanjutnya adalah 'SAPO daging sapi dan urat (Gu kin dan Gu Nam Sapi bahasa Chinesenya )






















Makanan ini cukup terkenal bagi pecinta masakan daging sapi bagi masyrakat chineese khususnya yang merupakan daging sapi dicampur dengan daging urat yang di steam ato dikukus sampai lunak dagingnya dicampur dengan bumbu dan rempah rempah khas masakan chineese.Makanan ini juga terkenal di beberapa daerah di China (terutama daerah tempat dominasi penduduk chineese Muslim )



















5.Makanan ke 5 adalah "Steam Cod Fish" yaitu ikan salju steam

















Disebut Ikan salju karena memang ikan ini import berasalah dari daerah bersalju (kalo ngak salah saya berasa dari daerah kutub) ,Ikan ini cukup mahal dan tergolong sangat enak .dan biasanya jenis ikan ini untuk masyarakat chineese paling cocok di stim / tim/kukus
ciri ciri ikan ini adalah bewarna putih bagaikan salju secara keseluruhan bahkan dari daging sampai kulit dan tulang .















Gbr diatas adalah cara penghidangan awal ikan salju steam ini,menu ini termasuk menu favorite saya bahkan komentar saya akan menu ini dibandingkan ikan salju steam di seluruh kota medan ini menurut saya ini adalah yang terbaik di restoran ini.












gbr diatas ini setelah disibak sejenis sayur rumput2an (saya ngak makan sih menurut saya sih penghias,tapi kalo mo dimakan monggo ) ternyata ada diberi irisan jahe ,mungkin utk menghilangkan kesan amis.Pribadi saya setelah mencicipinya tidak ada tercium bau amis tuh,lain dengan beberapa masakan lain yg kadang daging nya memang terasa khas bila tidak ditutupi dengan bumbu sejenis jahe.






















dan kalau saya pribadi menilai menu cod fish steam keunggulannya terletak pada kuahnya.Kenapa kuah?karena menurut saya kuah adalah cermin dari unggul /enak tidaknya suatu bumbu dimasukkan,karena kalau daging dimana mana daging ikan cod fish adalah sama rasanya,jadi bedanya terletak di ramuan.Dan ramuan rempah2 dan bumbu hanya bisa dirasakan pada kuah nya . pendapat saya kuah ini sangat harum dan terasa sedikit asin (tidak terlalu banyak asinnya )dan terasa pas di lidah :) Pokoknya mak nyusssss.
Makanya kenapa saya memposting khusus masakan dengan gbr banyak?sebab hanya dengan kata kata sulit diucap dan diungkapkan,menambah gbr akan menambah nilai dan imajinasi bagi kita sebagai penggemar Kuliner :)

Hidangan terakhir penutup mulut (pencuci mulut ) adalah "Jelly limau spesial" Taipan,yang terdiri atas agar agar ,buah stawbeery yang airnya mempunyai cita rasa manis ditambah perasan jeruk nipis.Hidangan ini memang pas untuk pencuci mulut :)

























Ini adalah gabungan dari beberapa makanan yang disajikan.















neh, penulis lagi menikmati aneka hidangan yang ada :)



































suasana ruangan di restoran Taipan dan Sambil mata menatap sekeliling ruangan restauran .............,




















Hidangan terakhir bagi saya adalah..........
























Penulis sedang menikmati ...................













Salam saya dari Tempat Taipan Restaurant :)




1 komentar:

Prince of the east mengatakan...

hobi makan ya ko??mantepppp ne,hehe...wisata kuliner...hehe
oh y ko2,sr gambar ko2 w lihat,kekna koko yg nge GYM di family fitness Cemara Asri y?